Mengenal apa itu Kain Drill |Sablon kaos dan konveksi Surabaya

Setiap kain yang diproduksi oleh pabrik, memiliki karakteristik atau ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya, salah satunya yaitu bahan drill. Kalau kalian masih belum tahu tentang jenis ini, kalian bisa menemukan penggunaannya di pakaian seragam maupun olahraga.

Kain drill sendiri terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan tingkat ketebalan seratnya. Setiap jenisnya, memiliki penggunaannya berbeda-beda, ada yang untuk kemeja, seragam, hingga pakaian militer.

Kain drill adalah kain yang memiliki tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang tergolong sangat kuat. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kain ini yaitu campuran antara katun ataupun polyester.

Berdasarkan dari besar kecilnya serat, kain ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Twist Drill (memiliki serat yang kecil).
  • American Drill (memiliki serat yang sedang).
  • Japan Drill (memiliki serat yang tebal).

Karakteristik Kain Drill

Karakteristik dan ciri-cirinya :

  • Cenderung berwarna khaki atau warna debu.
  • Memiliki tingkat ketebalan serat yang berbeda (tipis, medium, dan besar).
  • Memiliki tekstur pintalan diagonal atau garis miring.
  • Permukaan kain antara bagian depan dan belakangnya berbeda.
  • Tekstur permukaan kainnya cukup lembut.
  • Tenunan kainnya kuat dan kokoh.
  • Kainnya tidak mudah kusut.

Jenis Bahan Drill

Seperti halnya kain jersey, kain drill juga memiliki berbagai macam jenis yang mudah kita temukan di pasaran. Setiap jenis kain tersebut memiliki macam-macam karakteristik dan kemampuan bahan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berikut beberapa jenis kainnya :

1. Twist Drill atau Twill Drill

Jenis yang pertama yaitu twist drill atau beberapa orang menyebutnya twill drill. Jenis ini memiliki sifat water repellent atau tahan air, sehingga sangat susah untuk ditembus oleh air. Selain itu juga memiliki serat yang tergolong cukup kecil.

Dalam penerapannya, kain ini biasanya sering digunakan untuk kegiatan di luar ruangan (outdoor), contoh seperti jaket almamater dengan tambahan zipper atau resleting.

2. American Drill

Dibanding dengan bahan twist drill, jenis american drill (florida drill) memiliki serat yang lebih besar (medium). Kain ini terbuat dari katun dan polyester, oleh karenanya sifat bahannya lebih lembut. Kain ini juga sangat cocok digunakan untuk membuat jas almamater, maupun seragam yang berhubungan dengan bisnis otomotif.

3. Japan Drill

Jenis selanjutnya yaitu japan drill. Kain ini memiliki ukuran serat yang lebih besar dibandingkan dengan american drill, sehingga sifat kainnya lebih tebal dan kuat. Japan drill memiliki konsentrasi katun yang tinggi, oleh karenanya harganya dapat terbilang cukup mahal. Meskipun tebal, tapi bahannya tetap adem, kok.Dalam penerapannya, kain ini kerap kali digunakan untuk bahan dasar pembuatan seragam lapangan.

4. Hisofy Drill

Hisofy drill atau yang dikenal juga dengan hisoft drill merupakan jenis yang sedikit lebih tinggi tingkatannya (grade) dibanding dengan japan drill. Meskipun memiliki tekstur yang terbilang mirip dengan japan drill, namun karakternya lebih lemas dan lembut.

Sifat sejuk dan nyaman yang ditawarkan, membuat kain ini sangat cocok untuk dikenakan di daerah beriklim tropis hingga panas. Salah satu kekurangan dari jenis ini yaitu pilihan warnanya terbatas.

5. Castilo Drill

Apabila sobat ingin membuat seragam dengan harga yang ekonomis namun kualitasnya tergolong cukup bagus, sobat bisa mencoba jenis castilo drill. Castilo drill memiliki karakter kain yang tidak mudah kusut dan lembut. Tenunannya pun tergolong kuat dan rapat, sehingga seragam akan lebih awet dan tahan lama.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Drill

Berikut keunggulan dan kelemahan dari kainnya yang berhasil kami rangkum.

Kelebihan Bahan Drill

Kain ini memiliki beberapa kelebihan yang unik sehingga sangat cocok digunakan untuk pakaian resmi dan casual. Berikut beberapa keunggulan kainnya :

1. Bahannya Awet

Apabila dibandingkan dengan jenis kain lainnya yang digunakan untuk membuat seragam (seperti cotton, tropical, kanvas, dll), kain ini tergolong sangat awet. Tentu saja, penggunaan dan cara pencucian bahannya akan menentukan seberapa lama kain tersebut masih bagus untuk dikenakan.

2. Memiliki tekstur Kain yang Unik

Apabila sobat melihat secara detail pada permukaan kainnya, maka akan tampak tekstur pintalan permukaan kain membentuk alur benang diagonal atau garis-garis miring. Bagi sebagian orang, tekstur ini cukup menarik perhatian, karena unik dan jarang ditemukan pada jenis kain lainnya.

3. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Dari segi warna, kain ini juga tergolong sangat awet. Selama proses pencucian dan penjemurannya benar, warna pada kain ini akan tetap terlihat fresh dan bagus meski sudah lama digunakan.

4. Tidak Mudah Kusut

Salah satu kelebihan yang cukup menarik minat konsumen yaitu bahannya tidak mudah kusut. Tentu, dengan karakter kain yang satu ini, sobat tidak perlu repot-repot merapikan kain saat melakukan aktivitas harian.

5. Memiliki Variasi Tingkat Ketebalan yang Berbeda

Seperti penjelasan sebelumnya, pada umumnya jenis kain ini memiliki tiga tingkat ketebalan yang berbeda-beda berdasarkan ukuran seratnya. Dengan cukup banyaknya variasi ketebalan ini, nantinya akan mempermudah konsumen untuk membuat pakaian sesuai dengan kebutuhannya, apakah untuk pakaian casual atau seragam lapangan.

6. Cocok Digunakan untuk Pakaian Resmi maupun Casual

Kain ini dapat digunakan dalam berbagai macam keperluan, baik yang casual maupun resmi. Kita ambil contoh untuk jenis drill yang memiliki serat besar, sangat cocok untuk digunakan sebagai seragam lapangan (pakaian dinas lapangan).

Sedangkan untuk yang seratnya lebih tipis, dapat digunakan untuk bahan pakaian kemeja maupun blouse (blus).

7. Kainnya Sangat Kuat dan Kokoh

Apabila dilihat dari segi jalinan benangnya, kain jenis ini tergolong sangat kuat dan kokoh. Jadi apabila sobat mencari bahan yang digunakan untuk pekerjaan di lapangan, ataupun yang rentan terhadap panas (koki), kain ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

8. Bahannya Adem

Meskipun tergolong memiliki serat benang yang cukup tebal, namun kelebihan kain ini cenderung cukup dingin dan nyaman saat dikenakan.

9. Memiliki Daya Serap Keringat yang Cukup Baik

Jenis kain ini memiliki kemampuan menyerap keringat atau air yang cukup baik. Oleh karenanya pakaian akan tetap terasa dingin dan sejuk saat dikenakan.

Kekurangan Bahan Drill

1. Beberapa Jenis Drill Tertentu Lebih Mudah Pudar

Pada poin di atas kami menyebutkan bahwasanya jenis ini tergolong awet warnanya, namun beberapa jenis seperti american drill rupanya warnanya lebih mudah pudar dibanding lainnya.

2. Bahannya Tergolong Cukup Berat bagi Beberapa Orang

Seperti yang kita ketahui bahwasanya jenis drill ini seratnya cukup tebal, sehingga mempengaruhi berat pakaiannya. Bagi sebagian orang, akan merasakan sedikit berat ketika mengenakan pakaian jenis ini.Namun, sebenarnya kain ini masih tergolong kain yang ringan. Oleh karenanya, sobat engga perlu khawatir akan berat kainnya.

3. Untuk Jenis Tertentu, Tergolong Kain yang Cukup Mahal

Untuk beberapa jenis tertentu seperti japan drill yang mana mengandung kadar katun cukup tinggi, harganya terbilang cukup mahal.

Kegunaan Bahan Kain Drill

Seragam kerja

PDL (Pakaian Dinas Lapangan).

Pakaian juru masak atau koki.

Seragam Militer.

Seragam Pabrik.

Jaket almamater.

Jaket safari.

Pakaian olahraga.

Rok celana.

Blouse (blus).

Blazer.

Baju kemeja.

Tote bag.

Baggy pants.

Pembuatan rompi, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami akan membantu menjawabnya, silakan !
👋 Hai, Apa yang bisa kami bantu?